|
Menu Close Menu

Ratusan Kapal Hias Warnai Perayaan Maudu Lompoa di Takalar

Kamis, 06 Desember 2018 | 20.14 WIB

DHEANMEDIA.COM TAKALAR - Perayaan Maudu Lompoa di Cikoang yang ke-398  kembali di Gelar di Desa Cikoang, Kecamatan Mangngarabombang, Kabupaten Takalar. Kamis (6/12/2018). 

Ritual tahunan dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SWA ini berlangsung meriah yang diwarnai dengan sejumlah prosesi adat dan ratusan perahu berisi telur warna warni dan kain warna cerah menjadi ciri khas maulid yang dilaksanakan oleh keturunan Syekh Jalaluddin Al-Aidid dan pengikut-pengikutnha di Desa Cikoang. 

Mewakili Gubernur Sulsel Hadir Kabiro Kesra Setda Provinsi Sulawesi Selatan H. Suherman S.E, M.Si,  Sekretaris Daerah Takalar Drs. H. Arsyad M.M, Ketua TP PKK Takalar Dr. H. Irma Andriani, Wakil Ketua TP PKK Takalar Megawati Ahmad, Dandim 1426/Takalar Letkol Inf. Ardy Sukatri, Wakapolres Takalar, serta para pemangku adat dari Kerajaan yang ada di Takalar dan dari luar kabupaten Takalar. 
Sekretaris Daerah Takalar menyampaikan apresiasinya terhadap panitia penyelenggara maulid yang tetap mempertahankan nuansa lokal daerah. 

"Permohonan maaf kami sampaikan sekaitan dengan ketidakhadiran Bupati Takalar karena ada rapat kooridnasi di Kementrian Desa, kemudian permohonan maaf juga karena wakil Bupati juga ada rapat di Kemepan-RB. Atas nama pemerintah daerah, kami mengapresiasi panitia yang telah menyelenggarakan maulid bernuansa lokal daerah. Maulid ini sebagai representasi kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW, dan semoga  semakin kita kepada Allah SWT," paparnya. 

Diakhir penyampaiannya, H. Arsyad juga mengingatkan masyarakat agar berpartisipasi pada Pemilu 2019 mendatang dengan tetap mengedepankan persaudaraan dan persatuan. 

"Saat ini perlu saya peringatkan bahwa kita sudah berada dipenghujung tahun 2018, dan menuju tahun 2019. Perlu diingat bahwa tahun depan adalah tahun politik, untuk itu saya mengajak semua untuk berpartisiapasi mewujudkan pemilu yang berintegritas," Ujar H. Arsyad. 

Lebih jauh, H. Arsyad juga  menghimbaau masyarakat untuk menghindari provokator yang dapat memecah belah persatuan.

"Semoga kita dijauhkan dari hal yang dapat memecah persaudaraan kita di Kabupaten Takalar," Himbaunya. 

Apresiasi juga disampaikan oleh Kabiro Kesra Setda Provinsi Sulsel terhadap pelaksanaan Maulid atau Maudu Lompoa di Cikoang yang terselenggara dengan sangat meriah. 

"Sebuah kehormatan bagi kami karena mendapat undangan untuk menghadiri sekaligus menyaksikan maulid yang digelar hari ini," Ujarnya. 

Kedepan, Maulid ini diharapkan menjadi destinasi wisata di Sulawesi Selatan dan digelar lebih meriah dari tahun ke tahun.
Bagikan:

Komentar