|
Menu Close Menu

Polres Gowa Resmi Masuk Predikat Zona Integritas Menuju WBK

Kamis, 06 Desember 2018 | 16.07 WIB

DHEANMEDIA.COM GOWA - “Usaha tak pernah menghianati hasil”, demikianlah ungkapan yang mungkin dapat melukiskan Polres Gowa saat ini atas upayanya yang terus berbenah untuk meraih predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). 

Keberhasilan itu pun dibuktikan Polres Gowa yang kini terpilih menjadi salah satu penerima predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi oleh Kemenpan-RB, usai menerima seluruh rangkaian uji verifikasi kelayakan dari Tim Penilai, mulai dari Tim Penilai Internal hingga Nasional.

Adapun Zona Integritas dalam lingkup Polri itu sendiri adalah suatu predikat yang diberikan kepada kesatuan Polri yang berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam mencapai predikat ZI menuju WBK/WBBM, terdapat dua jenis komponen yang harus dibangun dalam unit kerja terpilih, yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil.

Komponen pengungkit itu mengacu terhadap 6 indikator, diantaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen ADM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. Sedangkan komponen hasil, mengacu terhadap pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, bagi Polres yang telah mendapatkan predikat WBK, akan diberikan penghargaan berupa kenaikan tunjangan kinerja satu tingkat di atas Polres lainnya, sementara Polres yang mendapatkan predikat WBBM akan diberikan kenaikan tunjangan kinerja dua tingkat diatas Polres lainnya.

Lebih lanjut, peraih predikat WBK/WBBM ini nantinya akan dievaluasi setiap tahun sehingga pelaksanaannya harus terus berkesinambungan untuk ke arah yang lebih baik. Jika hasil evaluasi tersebut terdapat penilaian indikator yang mengakibatkan tidak terpenuhinya kriteria, maka predikat WBK/WBBM tersebut dicabut.

Pada hakikatnya, melalui predikat Zona Integritas ini diharapkan dapat memunculkan unit kerja lainnya untuk ikut menerapkan sistem integritas di dalamnya, melalui proses replikasi kepada unit kerja yang telah menanamkan sistem integritas terlebih dulu, sehingga terwujudlah reformasi birokrasi yang berorientasi pada pelayanan berkualitas terhadap publik dan tentu saja anti terhadap segala jenis tindak pidana korupsi.

Adapun Polres Gowa akan menerima predikat ZI-WBK itu pada 10 Desember mendatang.
Bagikan:

Komentar