|
Menu Close Menu

Rutan Pinrang Sediakan Perpustakaan Keliling Bagi WBP

Rabu, 14 November 2018 | 20.30 WIB

DHEANMEDIA.COM PINRANG –  Beberapa warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Pinrang tampak berkumpul mengelilingi gerobak berisi buku, memilah buku mana yang ingin dia baca atau mengembalikan buku yang sudah selesai dibaca dan menukarnya dengan buku baru.  Itulah keseharian perpustakaan keliling yang diberi nama “Pustaka Ruang” yang tampak setiap pagi dan sore di Rutan Pinrang. Rabu, 14 November 2018.

Kepala Rutan (Karutan) Pinrang Ali Imran mengatakan Perpustakaan keliling atau Pustaka Ruang ini menjadi solusi menarik minat membaca bagi Warga Binaan untuk dapat gemar membaca dan makin menarik minat mereka.

“Ini rutinitas sehari-hari yang dilakukan mulai pukul 09.00 WIB s/d pukul 10.00 WIB dan lanjut lagi sore hari setelah Shalat Ashar, perpustakaan ini menjadi sarana memberikan pelayanan bahan bacaan kepada para Warga Binaan supaya mereka mempunyai wawasan sekaligus mengusir kejenuhan,” kata Imran.
Para WBP pun sangat antusias dengan perpustakaan keliling ini, terbukti dengan banyaknya WBP yang meminjam buku perpustakaan. Berdasarkan catatan peminjaman buku, rata-rata dalam satu hari pelayanan, 20 WBP meminjam buku dengan jumlah buku yang dipinjam rata-rata 50 buku.

Jenis buku yang diminati WBP, biasanya adalah buku-buku rohani dan buku-buku panduan praktis untuk usaha mandiri.

Atas Perpustakaan Keliling yang diberi nama Pustaka Ruang ini telah membuat takjub dan bangga Andi Wahidah Sinring, selaku Kepala bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca pada Instansi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pinrang yang mengunjungi dan melihat langsung Pustaka Ruang milik Rutan Pinrang.

“Salut dan bangga serta takjub atas ide kreatif yang dimiliki para Petugas Rutan Pinrang dalam menyalurkan dan mempromosikan gemar Membaca bagi Warga Binaan dan kami undang juga untuk menghadiri Pameran Kerajinan Tangan dalam “Expo Perpustakaan Kab.Pinrang tanggal 19 sampai dengan 23 Nopember 2018″Ujar Wahidah.

“Keikutsertaan Rutan Pinrang sudah yang keempat kalinya, harapan tahun ini dapat ikut kembali” Ungkap A. Wahidah Sinring, S.Pd., M.Si. selaku penanggung jawab kegiatan dan juga Kepala Bidang Pengembangan Perspustakaan Kab. Pinrang. (Rls)
Bagikan:

Komentar