|
Menu Close Menu

Bupati Kepulauan Selayar Lantik 5 Kades di Pasimarannu

Selasa, 13 November 2018 | 14.39 WIB

DHEANMEDIA.COM SELAYAR - Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali melantik 5 kepala desa (kades) terpilih periode 2018-2024, di Kecamatan Pasimarannu, Senin (12/11/2028). Lima Kepala Desa tersebut masing-masing Kepala Desa Khusus Pasitallu Abd. Rahman. H., Kepala Desa Garaupa Raya Muh. Sapri, Kepala Desa Sambali Basra, Kepala Desa Lamantu Taiyeb, serta Kepala Desa Majapahit Ane Budi 

Dari 5 nama kepala desa yang dilantik itu tersebar pada 3 kecamatan, yakni Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu. 

Pada pengambilan sumpah/janji dan pelantikan para kades tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Setda Drs. Suardi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Irsan, S. STP, Kepala Bagian Humas Setda Sitti Rahmania, S.H., Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Drs. Nur Syamsul, para Camat, Tripika, para Kepala Desa, Para Ketua BPD, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Sebelum pelantikan didahului dengan rapat paripurna BPD, yang dipimpin oleh Ketua BPD Lamantu Dorahman. 

Dalam sambutan dan arahan Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali mengemukakan, pelantikan yang dilaksanakan itu sengaja di tempatkan di kecamatan. Hal tersebut untuk memotivasi para kepala desa untuk memulai tugas dan pekerjaannya sebagai abdi masyarakat dan abadi negara. 

"Kepala desa yang dilantik hari ini merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam pucuk pimpinan pemerintahan tertinggi di tingkat desa, yang merupakan perwujudan demokrasi penyelenggaraan pemerintah desa. Dengan demikian kepala desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan yang berkesinambungan demi kesejahtetaan masyarakat," kata Basli Ali. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati menitipkan harapan kepada para kepala desa agar dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan penuh rasa tanggungjawab. Kepala desa dan BPD sebagai mitra kerja diharapkan dapat bersinergi dalam pembangunan dan pembinaan masyarakat. 

Selanjutnya kata Bupati, agar BPD dapat menjalankan fungsi pengawasannya terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan dana agar lebih efektif, transparan dan Akuntabilitas. Selain itu untuk mewujudkan kemandirian desa baik dari aspek sosial ekonomi, Bupati berpesan agar masyarakat dapat diberdayakan. 

"Saya juga menitip harapan agar para kades dapat menindaklanjuti RPJMD dan RKPD sesuai visi dan misi pada saat pencalonan. Kemudian jelang pesta demokrasi yang tidak lama lagi saya mengajak kepada pemerintah kecamatan dan desa serta jajarannya bersatu menjaga keamanan dan ketertiban," ucapnya. 

Sementara Kadis PMD Andi Irsan, S. STP, disela-sela pelantikan menyampaikan bahwa pelantikan ini juga adalah cara pemerintah untuk menghilangkan gap pasca pemilihan kepala desa. 

"Saya kira ini salah satu inovasi demokrasi, yakni memberikan kesejukan, kenyamanan dalam bermasyarakat adalah hal yang sangat penting dan mesti di Kedepankan," tuturnya. 

Usai pelantikan, Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali dan rombongan, bergerak meninggalkan Kecamatan Pasimarannu menuju Kecamatan Pasimasunggu Timur, untuk giat yang sama yakni pelantikan 3 Kepala Desa. Masing-masing Kepala Desa Teluk Kampe H. Abd. Wahab, Kepala Desa Bontojati Abd. Hamid dan Kepala Desa Ujung Iqbal, S.Ip. (M. YUSRI)
Bagikan:

Komentar